Media Komunikasi Sivitas SMA Dwiwarna (Boarding School)
 

Dwiwarna dalam Balutan Budaya Nusantara

Oleh : Eko Wawan NR

Dwiwarna benar-benar berselimutkan budaya nusantara. Suasana ini benar-benar terasa pada Minggu 21 Juni dalam acara pagelaran seni dan budaya. Sejak menapaki kaki di pintu aula SMA Dwiwarna suasana ruangan sudah sangat berbeda.

Iringan alunan music gamelan atau yang disebut dengan Pengapungan Kombo yang diperagakan siswa-siswa SMA Dwiwarna membuat hati begitu damai dan benar-benar bercitarasa nusantara. Ditambah pula dengan pakaian yang dikenakan oleh sivitas Dwiwarna yaitu berupa pakaian adat dari berbagai daerah manambah kekaguman kepada budaya nusantara yang beraneka ragam jenis dan bentuknya.

Dalam acara tersebut pengunjung benar-benar disuguhan dengan musik tradisional serta tarian daerah seperti tari piring, tari kijang, tari saman dan lain sebagainya. Tak ketinggalan pula para duta kesenian Indonesia yang diwakili putra-putri SMA Dwiwarna yang akan berangkat ke Itali pada tanggal 16-27 Juli 2009 ikut berpartisipasi mempersembahkan tarian serta music tradisional yang telah mereka persiapkan sebelum keberangkatan ke Itali nanti.

Ternyata kemampuan mereka cukup memukau pengunjung yang hadir dan sanggat membanggakan nama sekolah tenttunya. Hal ini diharapkan mampu menjadi bekal untuk lebih baik lagi saat tampil di Itali nanti. Acara pun akhirnya ditutp dengan acara ramah tamah antara sivitas dengan orang tua murid dan para undangan.Hari itu pun sungguh menjadi momen bagi SMA Dwiwarna untuk terus menjunjung tinggi seni dan budaya bangsa. Diharapkan pula dengan momen ini menambah kecintaan anak bangsa terhadap budaya sehingga budaya kita tidak terkikis oleh majunya zaman. Balutan budaya nusantara menjadi pertanda bahwa SMA Dwiwarna menjunjung tinggi bineka tunggal ika. Walaupun berbeda-beda, tetapi kita tetap sama. Bertanah air satu bertanah air Indonesia.

Pimpinan Redaktur : Iis Syamsiah; Redaktur : Euis Tresna, Laode Basyir, Amiruddin, R. Arief Gunawan, Hartono Fany, Vivih- Hartati, Sri Oelan Endang, Irvan Deddy Setting/Lay Out : Heri Yudin ; Editor : Retno Cahwati : @heriyudin